Hentikan Knalpot Motor Bising

18 02 2011

Suara knalpot motor yang bising jelas mengganggu ketenangan. Maka dari itu, sebenarnya tak salah bila pemerintah menetapkan ambang batas polusi suara knalpot.

c

Sayangnya, wacana tentang pembatasan suara knalpot motor yang beberapa waktu lalu sempat terdengar kini sudah surut gaungnya. Padahal, banyak orang mendukung rencana tersebut.

Budi Tasli, seorang warga di perumahan Cinere, mengaku sangat setuju bila pemerintah menetapkan aturan yang tegas tentang suara knalpot motor. Menurut Budi, suara knalpot bising tidak berguna dan hanya merusak ketenangan lingkungan.

“Apa enaknya dengar suara knalpot cempreng (melengking, red). Mereka itu cuma untuk gagah-gagahan di jalan raya. Kalau di sirkuit silakan saja,” kata wirausahawan ini.

Hal senada juga dikatakan Hasan, pedagang nasi di depan jalan Raya Cinere. “Suaranya doang yang kencang, larinya mah gak ada,” tuturnya. “Kalau saya yang jadi polisi, saya tilang-tilangin, tuh.”

Meski begitu, Dani Permana tidak setuju bila pemerintah atau polisi menetapkan larangan suara knalpot bising. Dani yang kebetulan menggunakan motor bebek berknalpot bising mengaku memerlukannya agar performa sepeda motornya lebih kencang.

“Knalpot motor saya ini memang begini dari pabriknya. Cuma saya buka doang saringannya. Suara berisik itu, kan relatif,” kilah pemuda yang mengaku sebagai kurir ini.

Seperti apapun tanggapan publik, seharusnya pemerintah Jakarta atau kota-kota besar lain di Indonesia, bisa tegas membuat aturan batas suara knalpot motor.

Peraturan Suara Knalpot Motor di California

Setidaknya, pemerintah kota bisa meniru kebijakan baru yang akan ditetapkan di California, AS ini. Gubernur Arnold Schwarzenegger bahkan berani menjadi garda terdepan yang menyetujui peraturan baru tentang suara knalpot motor di negara bagiannya.

Kemarin, Senin (31/8), senat California telah sepakat akan memberlakukan peraturan penggunaan knalpot motor berstandar sertifikat EPA mulai 2013. Setiap pelanggar peraturan ini akan dikenakan sanksi denda sebesar 50 dolar AS hingga 250 dolar AS.

Isi peraturan itu sendiri sangat simpel. Pemerintah California mengharamkan motor yang menggunakan knalpot di luar standar pabrik atau knalpot aftermarket yang tidak berembos EPA.

Kendati peraturan baru ini ditentang beberapa kelompok masyarakat karena dianggap diskriminasi, namun Schwarzenegger tampak tidak menggubris hal tersebut. Peraturan tentang batas suara knalpot motor di California pun dipastikan akan tetap dijalankan.

 

 

 

sumber : http://www.dapurpacu.com/


Aksi

Information

18 responses

18 02 2011
Maskur

sumber infone ora disebut?

18 02 2011
dolanclinick

maklum newbie mas,lupa
hehe

18 02 2011
Triyanto Banyumasan

ditempel aja klalen, ngko didemo lho😀

18 02 2011
dolanclinick

wis ana mas:mrgreen:

18 02 2011
viP

paling wegah ki ngrungokke knalpot gl pro sek dipasang neng bebek, jiaaaan..
ngguatheli😦

18 02 2011
dolanclinick

@viP : tmenku juga pasang knalpot gl dibobok

19 02 2011
NanaRedPro.

dit4 ane,klo kdapatan knalpot non standar,berisik,mpunya mtor disruh pulang ambil knalpot standarnya,pasang didepan polisi,knalpot brisiknya diptong” pke gerinda listrik,tpi itu keknya gak lagi deh.

20 02 2011
dolanclinick

wah
itu terlalu sadir mas🙂
kalo temen” ku pada pake knalpot ori dibobok.
hasile polisinya bingung mau nilang gak:mrgreen:

21 02 2011
aditninjamaniac

ah awal bulan Februari kemaren doang di Bandung rame larangan knalpot bising..sampe motor sekelas N250R pun knalpotnya ada yg disita..Nah skrg, santai2 aja tuh nampaknya…

kalo mau, dibuatlah seperti helm, knalpot yg berstandar SNI, dibuat sedemikian rupa lalu diatur kebisingan suaranya supaya tidak dinilai terlalu bising..bagaimanapun dilarang, orang kadang ga suka dengan motor terlalu silent.. PISS

22 02 2011
dolanclinick

@adit : iya mas,
sebenere suara keras juga nguntungin,biar konsentrasi
hehe:mrgreen:

26 02 2011
willykk

Bentoel Memhank pilihan jang betoel..😆 Thong kosong njarink boenjinja,,
pertjoema loe 4L4y pake knalpoet resink, motor loe kaga bakalan kentjeng😆😳

1 03 2011
dolanclinick

haha
beda orang beda rasa

14 04 2011
IqinBaduy

Pernah sy liat di skitaran BSD, ada pengendara mtr dg knalpot bising. Eh, dicegat Polisi bkn utk ditilang, tp dikasi pelajaran. Kuping pengendara itu didekatkn knalpotnya n mtr digas keras oleh polisi itu. Stlh diberi wejangan, dia disuruh pulng utk ambil knalpot standarnya… Andai q jd polisi, sy ikutin, deh, langkahnya…

23 04 2011
dolanclinick

hahaha
gak tega ah

10 05 2011
Pemberantas Bala

Kirim keluhan melalui sms ke 9949 (milik Presiden) agar keluhan tak masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Ajak seluruh anggota keluarga, teman, sahabat, para handai tolan… kirim sebanyak-banyaknya.

10 05 2011
dolanclinick

nais inpoh

7 06 2011
agungsevi

bisa diaplikasikan di indonesia ter cinta😳
tapi apakah siap lembaga kita???
apakah ‘EPA’ nya indonesia siap mas bro????❓

7 06 2011
dolanclinick

bel lum😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: